Jumat, 05 Februari 2021

Kemudahan Menggunakan Deposito Online

Posted by Reyhan on 21.08 with No comments

Deposito online
Deposito secara online dengan mudah


Deposito online merupakan deposito umumnya yang berbasis teknologi digital, sehingga semua layanannya ini dapat diakses secara online bahkan melalui smartphone. Sebagaimana tenor deposito bisa dalam 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, dan 12 bulan. Deposito online tren baru saat ini dimana Anda bisa membuka akun simpanan deposito sendiri melalui deposito online dan tanpa harus repot untuk datang ke bank mengurus berbagai persyaratannya, cukup dengan mengunjungi website bank tujuan dan penuhi syaratnya secara online bahkan juga tidak perlu menyiapkan materai pada setiap pembukaan deposito konvesional pada umumnya. Pada aat ini telah banyak bank-bank besar yang meluncurkan program deposito online karena tingginya penggunaan internet di kalangan masyarakat Indonesia terutama para generasi- generasi millenial karena selain praktis deposito pun dinilai cukup menguntungkan serta tidak merepotkan. 

 

Proses Pembukaan Deposito Secara Online

Karakteristik transaksi online ini adalah bisa dilakukan dimana saja dan tidak terbatas waktu, begitu juga juga untuk pembukaan deposito online. Prosesnya pun sangat mudah. Syaratnya adalah harus sudah terdaftar dan memiliki e-banking bank dimana Anda memiliki rekening baik itu internet banking atau mobile banking. Setelah itu, dana ini  akan berpindah dari rekening koran Anda di bank ke simpanan deposito. Kelebihan lainnya dari deposito online adalah Anda bisa membuka lebih dari satu akun deposito online, sesuai rencana keuangan Anda.

Kelebihan Deposito Online 

Ceruk bisnis deposito online ini masih besar berkat perkembangan teknologi dan tren internet di kalangan masyarakat di Indonesia. Semakin lama semakin banyak jumlah bank yang menambahkan deposito online kedalam produk keuangan yang ditawarkan kepada nasabah. Beberapa bank yang sudah bisa melayani deposito secara online diantaranya adalah Bank Mandiri, CIMB Niaga, BNI, BRI, OCBC NISP dan HSBC. 

1. Proses Pembukaan yang Praktis 

Praktis merupakan karakteristik transaksi online termasuk deposito. Calon peserta deposito biasanya hanya perlu log-in pada akun e-banking miliknya untuk mengakses pilihan pembukaan deposito secara online dan mengisi formulir berupa persyaratan dan kelengkapan yang diminta. Isian yang diperlukan, yaitu :

· Nominal jumlah dana yang ingin didepositokan

· Opsi jangka waktu

· Dan apakah nasabah ingin melakukan perpanjangan otomatis atau secara manual. 

Setelah proses administrasi tersebut telah selesai kemudian dana akan ditransfer dari rekening Anda di bank pada simpanan deposito. Keunggulan lainnya, nasabah juga diperbolehkan untuk membuka lebih dari satu deposito jika berminat. Deposito online ini tentu sangat jauh lebih praktis dibandingkan pembukaan investasi deposito secara langsung pada bank dengan mengisi banyak formulir, mengantre, plus proses yang lebih lama serta butuh biaya tambahan untuk membeli materai.

2. Proses Penutupan Mudah dan Praktis

Sama halnya dengan pembukaan deposito, untuk proses penutupan deposito online juga dilakukan secara online sehingga apabila mencairkan dana atau menutup akun deposito online semuanya hanya perlu dilakukan melalui akun e-banking yang dimiliki saja tanpa harus repot data ke kantor cabang.

Ada 2 pilihan deposito online :

· Deposito tipe Non-ARO (tanpa perpanjangan), dana dari deposito plus bunganya secara otomatis dialihkan ke rekening koran ketika tanggal jatuh tempo tiba.

· Deposito dengan rollover atau perpanjangan otomatis, dimana pembatalan deposito dilakukan baik melalui internet dan juga akun e-banking yang sama.

Kemudahan proses penutupan ini sekaligus menunjukkan bahwa deposito secara online memang lebih praktis dan juga efisien jika dibandingkan deposito konvensional. 


Kekurangan dari Deposito Online

Walau dengan memberi banyak kemudahan, deposito online juga memiliki kekurangan. Transaksi online termasuk deposito ini memiliki resiko yang perlu Anda waspadai sehingga sebelum memutuskan untuk membuka produk simpanan berjangka ini lebih baik untuk mengetahui kekurangan deposito online berikut ini agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari :

1. Belum Semua Bank Melayani Deposito online

Untuk membuka layanan deposito online membutuhkan infrastruktur yang begitu mahal sehingga layanan e-banking pun belum bisa dihadirkan oleh seluruh bank di Indonesia. Saat ini juga layanan deposito online baru hanya disediakan oleh beberapa bank nasional saja, seperti: Bank Mandiri, CIMB Niaga, Danamon BNI, BRI, OCBC NISP dan HSBC.

Bank daerah dan BPR kebanyakan belum memiliki layanan ini bahkan dari sekian banyak bank nasional yang memiliki produk deposito berjangka konvesional, ternyata masih banyak yang belum bisa menawarkan fitur-fitur deposito online kepada nasabahnya. 

2. Istilah Keuangan Rawan yang Salah Paham

Karena sistemnya online maka saat Anda tidak begitu mengerti maksud isian di formulir online maka tidak bisa bertanya langsung saja pada customer service bank. Karena banyak juga istilah pada keuangan yang merupakan kata resapan dari bahasa Inggris sehingga masyarakat bisa saja mengalami sedikit kesulitan ketika melakukan pengisian persyaratan pada pembukaan akun deposito secara online.

Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar