Selasa, 01 Desember 2020

Jaga Kesehatan Rambut dengan Perawatan Keratin

Posted by Reyhan on 08.55 with No comments

 

Perawatan keratin
Perawatan rambut dengan keratin

Keratin merupakan 90% dari komponen proten yang membentuk sebuah rambut. Keratin ini jenis protein yang akan membentuk kulit, kuku yang terdapat pada kelenjar dalam tubuh. Keratin bekerja yaitu dengan cara meresap ke folikel-folikel rambut yang menyatu dengan asam amino. Ini merupakan  asam amino menciptakan jalur yang memberi kekuatan serta ketahanan yang dibutuhkan oleh rambut. Maka, keratin yang ditemukan dibeberapa dalam suplemen atau perawatan keratin pada rambut akan sangat membantu memperkuat dan juga membuat rambut sehat.

 

Keratin terdapat pada semua jenis rambut. Jika diseumpamakan dengan sebuah tangga maka jenis rambut lurus mengandung keratin yang berstektur tangga lurus. Bahkan pada rambut yang berjenis keritis atau bergelombang memiliki bentuk yang spiral dalam susunan pada rambut.

 

Perawatan rambut menggunakan keratin dengan meluruskan rambut yaitu mengubah ikatan dalam tekstur rambut yang keriting lalu mengubahnya secara permanen menjadi lurus. Keratin juga membari banyak manfaat seperti rambut bebas kusut, halus, kuat, dan berkilau dalam memperbaiki rambut yang sudah rusak. Selain mendapatkan perawatan keratin, bisa juga mendapatkan rambut menjadi lembut, mudah diatur, dan berkilau menggunakan serangkaian produk perawatan rambut yang berfomula tepat yaitu dengan shampoo.

 

Fungsi keratin yaitu menjaga rambut tetap sehat dan juga tampak berkilau tetapi dengan bertambahnya usia maka fungsi keratin akan tetap menurun ditandai dengan rambut menjadi kusam, sulit diatur, kusut, dan hingga rusak.

 


Beberapa manfaat keratin pada rambut

1. Mencegah rambut menjadi kusut

Mencegah rambut dalam terjadinya kusut, dalam perawatan keratin atau menggunakan shampoo yang mengandung keratin membuat rambut menjadi lebih halus dan juga mudah diatur. Hal ini karena kerja keratin membuat rambut menghaluskan sel rambut yang bertumpang tindih dalam membentuk helai rambut. Lapisan sel yang disebut juga kutikula rambut maka secara langsung juga menyerap keratin sehingga akan menghasilkan rambut yang menjadi mengkilap. Rambut keriting akan menjadi lurus, rapi, dan sangat mudah ditata.

 

2. Menguatkan pada rambut

Mempererat ikatan pada akar rambut dan juga folikel sehingga akan menjaga rambut dari rontok dan rapuh. Maka, rambut akan menjadi lebih sehat serta tumbuh lebih cepat.

 

3. Melindungi pada rambut

Keratin ini dapat melindungi rambut dalam helai-helainya secara lebih kuat. Rambut akan lebih cepat berkilau dalam kondisi cuaca seperti apapun, berangin, kering, ataupun panas. Lakukan perawatan keratin guna mencegah rambut terjadinya kusam setelah kerap terpapar oleh asap tersebut.

4. Rambut lebih cepat kering disaat basah

Pilihan perawatan rambut dapat menghemat waktu untuk mengeringkan rambut. Rambut akan tetap halus dan lembut bahkan disaat cuaca lembab ataupun panas. Maka, dengan begitu tidak perlu menggunakan alat pengering atau hairdyer setiap hari.


 

Proses perawatan keratin rambut diaplikasikan dengan cairan keratin dari kulit kepala sampai batang ujung rambut, yang mana sebelumnya rambut terlebih dahulu dicuci. Biarkan cairan keratin ini meresap pada rambut sekitar 20 menit. Lalu, keringkan dan lakukan proses pelusuran rambut dengan menggunakan alat pemanas besi. Perawatan ini membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit dengan disesuaikan seberapa panjang pada rambut. Setelah dilakukan perawatan keratin ini tidak diperbolehkan untuk mencuci rambut selama 3 sampai 4 hari. Sebab, ini dapat mencegah keratin untuk menyerap dan juga bekerja secara optimal. Hampir semua rambut bisa melakukan perawatan keratin. Tetapi bila memiliki helaian rambut yang begitu tipis dan juga halus, maka sebaiknya hindarilah perawatan ini akan membuat rambut menjadi terlihat lepek.

Categories:

0 komentar:

Posting Komentar