Jumat, 29 Mei 2020

Tak Kenal Usia Menjadi Pengrajin Kayu Permainan Catur

Posted by Reyhan on 22.01 with No comments
Bapak Bejo
Bapak Bejo


Bejo sapaannya, beliau adalah seorang pengrajin kayu yang memulai usahanya sudah bertahun-tahun menggeluti dalam pengrajin kayu. Tidak semua orang bisa menjadi pengrajin handal apalagi dalam melakukan penggelutan dibidang kayu. Dengan motivasi yang kuat inilah bapak ini bisa mencari nafkah dari hasil penjualan hasil karyanya yaitu sebuah catur. Umur yang sudah bisa dikatakan lansia tidak membuatnya patah semangat untuk terus bertahan menjadi pengrajin kayu. Nominal umur 72 tahun bagi dirinya hanyalah sebuah angka, yang mana semampunya untuk tetap berusaha masih mampu maka akan terus dirinya lanjutkan. Apalagi untuk menambah penghasilan guna dalam perekonomian keluarganya. Kerajinan ini sudah lama dilakukannya dari hobi yang disukainya sejak dulu.

Rasa keingintahuan bagaimana cara membuatnya pun menjadi sangat penasaran. Dimulainya untuk membuat dan dipakai dirinya sendiri dalam bermain dengan teman-temannya sejak dulu. Dari sanalah beberapa temannya yang kepincut hasil karya dirinya diapresiasi dengan mengatakan catur tersebut sangat bagus dan mengatakan dimana dirinya membelinya. Rasa yang dirinya rasakan pun ternyata sangat senang, dengan tenangnya menjawab bahwa catur ini hasil jerih payah dirinya sendiri membuatnya. Dalam Asuransi Syariah Indonesia ini maka sangat sesuai dalam perjalanan hidup Bapak Bejo sebagai pengrajin kayu.


Pengrajin Kayu untuk Membuat Catur
Kegiatan yang dirinya lakukan dalam membuat catur dengan teliti dan begitu ulet. Dengan beberapa gerakan-gerakan tangan yang begitu lincah dalam membuat desain catur dari kayu. Apalagi umur yang tidak begitu lagi muda. Peminat yang dulunya banyak diminati oleh beberapa teman-temannya saat bermain catur kini menjadi hal pembicaraan orang-orang yang suka bermain catur. Bentuk yang rapi serta kokoh ini sangat awet dipakai selama permainan.

Penjualannya yang dulunya hanya dijual lewat pemesanan kini bisa dijual sampai ke beberapa daerah pasar yang memesannya. Dulunya dipesan oleh para penjual mainan hingga dirinya berjualan didepan rumah. Desain serta pewarnaan yang dilakukannya hanya seorang diri. Papan catur yang unik ini makin diminati oleh beberapa segelintir orang bahkan sebut saja para pecinta pemain catur. Bahan yang didapatkan tentunya sudah sangat terpilih dan dijamin bahannya tidak mudah cepat rusak. Hal ini lah orang sangat menyukai catur olahan pengrajin Bapak Bejo.

Bahan yang digunakan dari damar ini membuat catur-catur tersebut ringan saat dimainkan, makanya bahan tersebut sangat baik untuk digunakan biji-biji catur. Mudahnya saat dilakukan pembentukan dalam pembuatan desain dari berbagai macam biji catur tentu menjadi hal yang begitu ada nilai kelebihan dari bahan damar tersebut. Dalam pengecatannya pun menggunakan cat kayu yang kini banyak segelintir pengrajin kayu mengeluhkan bahwa harga polintur dan cat kayu agak lebih mahal. Maka, dengan ini hasil karya bapak dalam pengrajin kayu membuat catur mengurangi keuntungan yang dirinya dapatkan. Sebab juga dalam penggunahan bahan dirinya mengaku harus merogoh kocek dalam-dalam guna mendapatkan hasil karya buatan dirinya sendiri dalam pembuatan catur. Hasil penjualannya pun tentu ditabung dan untuk keperluan sehari-hari. Kesabaran dalam setiap pembuatan catur dan papan catur ini apalagi dalam permainannya pun harus penuh ketelitian dan ketepatan sama halnya dalam membuat permainan catur ini juga. 

Buatan catur Bapak Bejo ini tentu sangat dikenal daerah pasar pengrajin kayu. Tentu pengrajin kayu mainan-mainan untuk anak-anak. Permainan catur ini banyak digemari oleh kaum remaja hingga dewasa bahkan lansia. Dari sinilah bapak ini mencari kebutuhan sehari-hari untuk keperluan dirinya. #AwaliDenganKebaikan dalam pengrajin kayu pembuat catur maka sangat cocok untuk mendapatkan Produk Asuransi Syariah dari Allianz berkat ketekunannya menjadi seorang pengrajin kayu.

0 komentar:

Posting Komentar