Rabu, 20 Mei 2020

Kenali Penyebab Luka Infeksi Karena Sepatu Baru

Posted by Reyhan on 23.24 with No comments
Penyebab Luka Infeksi
Penyebab Luka Infeksi

Banyak orang yang memakai sepatu kadang lecet biasanya karena memakai sepatu baru. Biasanya ini terjadi kaki sudah lecet dan sudah melepuh seperti terkena air panas. Hampir setiap orang pernah mengalami seperti ini tentunya. Hal ini terjadi disebabkan melepuhnya kaki karena akibat dari respon dalam kekuatan gesekan antara kaki dan sepatu baru. Maka, kulit ini terjebak diantara tulang yang selalu bergerak saat berjalan bolak-balik dan respon tubuh yang selalu mencoba membuat perlindungan pada kulit, sehingga kemudian dimasuki oleh cairan-cairan yang membuat kulit menjadi melepuh. Penyebab luka infeksi ini bisa karna lecet bahkan melepuh yang menjadi luka seperti terkena air panas.


Permasalahan Memakai Sepatu Baru
Pada permasalahan kaki yang disebabkan oleh pergesekan antara kulit dan sepatu baru, memang sangat lumrah ini terjadi. Karena lecet pada luka infeksi kaki setiap memakai sepatu ini tidaklah dari penggunaan sepatu baru tapi sebetulnya disebabkan karena beberapa tekstur dan bentuk kaki setiap orang yang sangat berbeda-beda. 

Idealnya setiap sebelum membeli sepatu baru maka terlebih yaitu mencobanya, hal ini sangat penting guna menentukan kenyamanan pada kaki saat memakai sepatu. Karna pada sepatu baru ini yang terjadi adalah pergesekan antara kulit dan benda kasar yang maka itu akan terjadi kulit melepuh sebagai respon kulit untuk membantu perlindungan pada kaki agar tidak mengalami luka yang sangat begitu serius dan terasa sakit.


Menghindari Melepuh Saat Menggunakan Sepatu Baru
Agar kaki tidak lecet hingga menimbulkan infeksi yaitu memakai sepatu secara bertahap, inilah kuncinya. Pada saat tubuh yang merespon perubahan kecil dan tentunya seiring waktu akan bereaksi terhadap pada beberapa perubahan besar. Maka, sebaiknya gunakan sepatu itu selama satu atau dua jam, kemudian selanjutnya beralih ke sesuatu yang sangat nyaman dipakai pada kaki agar memberi ruang waktu kaki untuk mudah beradaptasi.

Gunakan ukuran sepatu pada kaki yang pas dan nyaman untuk dipakai setiap hari. Apabila menggunakan sepatu dengan ukuran yang kecil akan membuat kaki merasa tidak nyaman bahkan hal ini kemungkinan besar akan terjadinya lecet. Setidaknya yaitu memilih ukuran sepatu yang sedikit setengah lebih besar. Untuk memberikan ruang sedikit besar pada kaki diarea jari pada kaki. Pada saat menggunakan sepatu yang memakai tali hendaknya jangan mengikat tali sepatu terlalu kencang agar tidak terjadi lecet. Jadi, pakai tali sepatu dengan sedikit longgar agar memberikan kaki lebih nyaman untuk bergerak dan membuat nyaman kaki. 

Apabila menggunakan kaos kaki yaitu gunakan kaos kaki yang bukan terbuat dari bahan katun, jadi pakai kaos kaki yang terbuat dari bahan serat sintesis. Kaos kaki bagi pelari ini juga banyak memiliki bentuk khusus guna membuat pada nyman kaki, pilihlah bentuk yang pas dengan kaki sehingga mencegah kaos terlipat dan terjadinya lecet.

Jaga kaki selalu dalam keadaan kering dan bersih agar terhindari dari terjadinya lecet. Hal ini jarang diperhatikan maka dari itu bisa menimbulkan kaki menjadi tidak nyaman. Apalagi yang berujung kaki menjadi lecet dan ada beberapa cairan tentu akan menjadi sakit kaki saat memakai sepatu. Dan bisa gunakan Hansaplast Foot Plaster kemana-mana saat menggunakan sepatu, tentunya berbagai sepatu bisa digunakan oleh Hansaplast Foot Plaster ini agar terlindungi dari lecet hingga luka.


Apabila Terjadi Lecet pada Kaki
Jika terjadi maka lakukan dengan semprotkan Hansaplast Spray Antiseptik guna mencegah infeksi serta untuk membantu pemulihan pada kaki. Dengan semprotan ini tidak berbau jadi bisa menjaga penampilan saatu memakai sepatu. Apabila terjadi lecet yang mendalam yang hingga luka serta berdarah maka selalu kunjungi dokter agar bisa mendapatkan pengobatan yang sesuai. 



Itulah kenapa sangat disarankan harus mengetahui penyebab luka infeksi pada kaki yang mana sering terjadi saat memakai sepatu baru. Maka, dari beberapa hal diatas dapat diatasi dan dipelajari guna menghindari hal-hal yang tidak nyaman pada kaki saat memakai sepatu. Semoga bermanfaat !
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar