Rabu, 12 Februari 2020

Tempat Tinggal, Polemik Major Kaum Urban Surabaya

Posted by Reyhan on 13.59 with No comments
Surabaya kita kenal dengan kota metropolitan yang sudah menjadi salah satu kota terbesar di republik ini. Namun ada problem yang belum bisa diatasi oleh kota tersebut hingga saat ini. Mahalnya harga tanah menjadi salah satu polemik yang belum bisa diatasi, ini banyak kaum Urban yang mulai mencari kontrakan Surabaya untuk bertempat tinggal di sana.

Kontrakan Surabaya

Mengapa Kontrakan Begitu Diminati ?
Jika Anda terheran-heran mengapa sebuah kontrakan di kota metropolitan tersebut dapat laris manis, Anda mungkin belum membaca soal harga properti yang terus meningkat setiap tahunnya. Ini harga properti sudah melambung tinggi tak terbeli oleh kita anak-anak muda. Banyakan dari anak-anak muda yang tinggal di Surabaya hanyalah para perantau yang berasal dari kota lain.
Hal tersebut membuat kontrakan di kota tersebut sangat laris dan diminati oleh banyak orang. Semua itu bukan karena keharusan melainkan tidak ada pilihan selain kost atau kontrakan. Harga tanah di Surabaya kini sudah hampir menyentuh 15 juta per m2, itu untuk kawasan pedesaan untuk kawasan perkotaan harganya jauh lebih tinggi daripada yang kita bayangkan.
Kita tidak bisa menyalahkan siapa-siapa hal tersebut terjadi karena pergeseran dan perkembangan pola manusia di setiap zaman. Harus kita ketahui jumlah tanah tidak meningkat dan jumlah manusia terus meningkat itulah yang membuat harga tanah terus melambung tanpa kita bisa kontrol. Lahirnya kontrakan dan indekos merupakan salah satu solusi menghadapi masalah ini.
Munculnya kontrakan berawal dari seseorang yang memiliki tanah atau rumah yang tidak terpakai, untuk menjaganya tetap bersih dan terawat dia mengontrakkannya kepada orang yang tidak memiliki tempat tinggal di kota Surabaya. Dari sanalah lahir banyak kontrakan dan juga indekos yang terus menjamur hingga saat ini.
Harga yang variatif membuatnya masih sangat relevan dengan kondisi para kaum Urban di sana yang rata-rata seorang pekerja kantoran. Kebanyakan harga yang dipatok oleh para tuan tanah ini sekitar 8 sampai 10 juta per tahun untuk kondisi yang cukup bagus. Memang terasa realistis jika melihat harga tanah yang terus naik maka harga kontrakan juga akan terus naik setiap tahunnya.
Tapi tidak adil rasanya kalau kita tidak melihat apa yang sebenarnya terjadi di kota metropolitan ini. Menjadi pusat bisnis membuat Surabaya punya daya tarik yang kuat bagi para pebisnis dan juga investor di sekitaran Surabaya. Perusahaan-perusahaan besar beramai-ramai membuat blok perkantoran serasa “New York-nya Indonesia” .
Wajar saja jika harga properti terus naik sebab keinginan untuk pembelian properti di sana juga sangat tinggi sekali. Namun, tentu saja di sana memiliki beberapa gambaran yang kurang mengenakkan seperti tempat tinggal sangat sulit didapatkan. Kontrakan yang terasa banyak hadir di kota itu pun masih juga agak susah ditemukan apalagi dengan harga yang sesuai.

Beberapa Hal yang Perlu Dipertimbangkan
Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat Anda mencari kontrakan di kota ini. Mulai dari harga sewa pertahun hingga jarak tempuh yang harus Anda lewati kalau menuju ke tempat kerja. Dua hal ini memang sederhana, namun itu merupakan crucial part dalam sebuah pilihan untuk memiliki tempat tinggal sementara. 
Hal pertama yang harus dipenuhi sebuah tempat tinggal yakni nyaman dihuni. Percuma saja semua faktornya mencukupi tapi Anda tidak nyaman berada di sana, itu hanya akan mengubah kualitas tidur Anda menjadi 0. Semua produktivitas dan hal yang berkaitan dengannya akan hilang Anda tidak dapat beraktivitas dengan maksimal.
Memang rasa aneh ketika kenyamanan menjadi salah satu faktor penentu dalam pemilihan sebuah tempat tinggal. Namun jika Anda mau menelaah lebih dekat kenyamanan tersebut justru malah faktor yang paling penting dan harus ada dalam sebuah tempat tinggal. Kenyamanan juga bisa lahir dari lingkungan, sistem pembayaran, tangga dan banyak faktor lain.

Lingkungan Begitu Penting 
Pentingnya faktor lingkungan tidak bisa kita lepaskan dari sebuah tempat tinggal. Anda bisa bayangkan jika lingkungan Anda terkenal tidak aman atau lingkungan kontrakan Anda terkenal tidak aman pasti Anda akan merasa takut saat keluar di malam hari. Ini kadang menyebabkan ketakutan-ketakutan kecil itu menjadi sesuatu yang mengerikan pada saat tertentu.
Itulah sebabnya kita perlu memilih lingkungan yang tepat untuk menjadi tempat tinggal sementara. Memang sudah banyak kan kita juga tahu, ada beberapa tempat di sana yang kurang sehat atau kurang bagus untuk menjadi tempat tinggal. Hal tersebut bisa kita hindari tanpa perlu kita berperan defensif terhadap hal itu.

Pastikan Jarak dan Biaya
Kita juga perlu melihat sejauh apa jarak tempuh dari tempat tinggal kita ke kantor kita ? Jika saya terlalu jauh itu akan membuat kita terkadang merasa malas atau mungkin kita akan boros di ongkos bensin. Ongkos bensin mungkin tidak terlalu mahal namun jika itu diakumulasikan hasilnya akan sangat besar. Maka dari itu kita perlu memastikan apakah kita siap menempuh jarak sejauh itu ?
Selain jarak juga kita perlu mempertimbangkan biaya dari tempat tinggal kita ini. Kita perlu membandingkan harga dari tempat a b c & d. Kita tidak boleh terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk keputusan penting ini. Memang tidak mudah mencari tempat tinggal di kota yang sudah sangat padat tersebut.
Namun akan terasa naif apabila kita terlalu buru-buru dan bahkan cenderung over excited. Untung kita perlu memperhitungkan untung rugi dari keputusan kita. Meski begitu Anda yang mencari kontrakan area Surabaya, perlu mempertimbangkan faktor-faktor penting tersebut. Jangan sampai Anda menyesal ketika hal yang perlu diperhatikan justru tidak diperhatikan.
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar