Sabtu, 06 April 2019

Tips Merawat Sepatu Pria agar Tahan Lama

Posted by Reyhan on 19.51 with No comments
Sepatu merupakan bagian dari fashion yang lebih banyak dibutuhkan pria dibandingkan sendal. Ada banyak sekali model sepatu untuk pria. Salah satunya adalah sepatu dengan casual yang memberikan kesan santai. Buat yang memiliki sepatu casual pria dapat menerapkan tips merawat sepatu agar dapat bertahan lama berikut ini.

Merawat sepatu

1. Membersihkan sisi sepatu 
Sepatu casual banyak hadir dengan warna putih yang natural. Anda yang suka dengan warna sepatu putih tidak perlu khawatir untuk membersihkan bagian sisi sampingnya. Bisa menggunakan penghapus untuk membersihkan bagian yang kotor terkhusus jenis sepatu sneakers. Tidak hanya warna putih sepatu dengan warna lain pun bisa Anda coba. 

2. Sikat gigi halus
Jika sepatu casual yang Anda miliki berbahan suede maka gunakan sikat gigi halus untuk membersihkannya. Anda bisa menyemprotkan seprai pembersih lalu menggosok dengan sikat gigi sampai kotoran hilang. Cara ini akan membuat sepatu dapat bertahan lama tanpa risiko kerusakan. 

3. Keringkan dengan benar
Hujan yang turun secara tiba-tiba kadang membuat sepatu menjadi basah. Saat Anda mengalami kondisi ini jangan keringkan sepatu dengan meletakkannya di belakang kulkas karena cara ini dapat merusak sepatu. Anda harus mengeringkannya dengan tepat, yaitu dengan  mengelap sepatu agar air yang ada di bagian luar sepatu dapat berkurang. 

Setelah itu telungkupkan sepatu agar air di dalam sepatu dapat kering dan masukkan koran bekas agar dapat menyerap air yang ada di dalam sepatu. Bisa juga dengan memasukkan kain bekas atau kain lap. Begitu hujan reda, segera jemur sepatu di luar agar tidak mengalami lembap yang menimbulkan bau.

4. Penyimpanan yang aman
Tips berikutnya yang bisa dilakukan untuk merawat sepatu adalah menghindari penyimpanan di daerah yang lembap karena dapat merusak sepatu. Simpanlah sepatu di dalam box sepatu atau rak agar tetap aman dari risiko kerusakan. Anda bisa juga memasukkan silica gel ke dalam sepatu agar lebih aman dari risiko ditumbuhi jamur yang membuat sepatu menjadi rusak. 

Tempat yang lembap juga dapat membuat sepatu menjadi bau. Jadi pastikan Anda meletakkan rak tidak di bagian dinding yang lembap dan berada di dalam ruangan. Saat menggunakan rak sepatu, pastikan tertata dengan baik tanpa ada bagian sepatu yang saling menghimpit. 

5. Cuci dengan benar
Sepatu yang digunakan perlu dijaga kebersihannya, sehingga Anda harus mencuci bagian sepatu jika terkena kotoran yang tidak bisa hilang dengan dilap. Saat akan mencuci sepatu perhatikan jenis bahan sepatu untuk mengetahui bisa disikat atau tidaknya.

Lebih aman jika Anda membeli sikat yang lembut agar tidak berisiko pada saat mencucinya. Gunakan sabun yang secukupnya agar tidak kesulitan membersihkan sepatu. Gunakan juga air yang bersih berwarna putih agar tidak membuat warna sepatu berubah. 

Begitu selesai langsung jemur sepatu di tempat yang terkena cahaya matahari dalam keadaan telungkup agar airnya dapat turun lebih cepat. Bisa juga dengan menggantung jika sepatu tidak terlalu berat. Setelah sepatu kering segeralah mengangkatnya jangan dibiarkan terlalu lama dijemur karena dapat membuat sepatu menjadi pudar. 

Tidak sulit kan menerapkan beberapa cara di atas? Selain untuk sepatu casual, cara di atas juga bisa Anda terapkan untuk jenis sepatu lainnya agar lebih awet. Semoga membantu !
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar