Sabtu, 27 April 2019

Cara Memilih Parsel Lebaran agar Hemat Budget

Posted by Reyhan on 10.40 with No comments
Saling mengirimkan parsel saat jelang lebaran memang menjadi sebuah tradisi di Indonesia. Namun, terkadang jelang lebaran budget tinggal menipis. Anda bisa berhemat dalam mengirim bingkisan lebaran dengan berbagai cara. Berikut tips yang bisa Anda lakukan dalam memilih paket lebaran untuk keluarga.

Parsel

Catat Jumlah Parcel yang akan Dibagikan
Hal pertama yang harus Anda pahami yaitu hitung dulu parcel yang akan Anda bagikan. Jangan membeli kebutuhan bingkisan secara berlebihan karena hanya membuat pengeluaran membengkak. Selain itu, saat sudah berada di toko, sebagian besar akan merasa bingung dan lupa dengan list belanjaan. Sehingga buat daftar belanja dulu.

Atur Anggaran
Jika memang budget sudah menipis, Anda harus menghitung dengan sangat rinci agar tidak menambah pengeluaran yang tidak perlu. Atur anggaran agar keuangan tidak kebol saat labaran berakhir. Tentukan budget yang akan dikeluarkan untuk satu buah bingkisan. Kemudian, kalikan saja dengan jumlah bingkisan yang dibagikan. 

Anda perlu menghitung total budget untuk keperluan bingkisan lebaran dan menentukan Budget maksimal dari setiap orang yang ingin Anda kirimi. Dengan demikian, budget belanja hampers Anda akan tetap terkendali.

Agar bisa mengatur anggaran tepat, Anda juga sebelumnya harus sudah tahu perkiraan harga barang-barang yang akan dibuat bingkisan. Sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan uang di luar budget bingkisan tersebut.

Belanja Langsung Jumlah Besar
Sudah bukan rahasia lagi jika belanja dalam jumlah besar bisa menekan pengeluaran. Barang dengan harga grosir jauh lebih murah daripada pembelian ecer. Oleh karenanya, sebaiknya Anda mempraktikan hal ini agar bingkisan yang dibuat bisa hemat. Pengeluaran juga tidak membengkak karena Anda mendapat harga lebih murah.

Pilih Tempat yang Tepat
Ini dia hal yang tidak kalah penting saat akan belanja parsel Lebaran untuk menghemat anggaran. Jangan lupa pilih tempat belanja yang tepat. Selain memberikan harga yang lebih terjangkau, pilih juga supermarket atau minimarket yang menawarkan berbagai promo menarik. 

Anda juga bisa belanja di toko online seperti Blibli. Biasnaya toko online lebih banyak diskon maupun promo. Dengan adanya potongan harga tersebut otomatis juga bisa menghemat pengeluaran Anda. Bahkan biasanya akan ada gratis ongkos kirim untuk minimal pembelian tertentu.

Cari Promo Diskon Parcel Lebaran
Diskon memang menjadi jalan yang tepat untuk penghematan. Sebaiknya Anda memantau Flash Sale maupun promo hari besar seperti promo Ramadhan yang diadakan tiap e-commerce sehingga bisa mendapatkan barang dengan harga miring. Jangan ragu untuk bertanya langsung pada admin atau penjual mengenai potongan harga.

Selain promo umum, Anda juga harus mencari promo beli 1 gratis 1 atau promo potongan harga 5% tiap pembelian sekian rupiah. Meski tidak banyak pengurangan, namun setidaknya Anda bisa berhemat dibanding membeli di toko fisik. Biasanya toko fisik tak pernah menggelar diskon besar-besaran layaknya online.

Manfaatkan Layanan Gratis Kirim
Anda bisa belanja di toko online dengan gratis kirim untuk mendapatkan harga murah tanpa harus keluar uang lagi untuk pengiriman. Jika memang tidak ada gratis kirim, carilah diskon pengiriman paling besar. Jika suatu ekspedisi memiliki diskon kirim maka pilihlah ekspedisi termurah. Dengan hal tersebut, Anda tidak akan rugi.

Anda tidak bisa menghindar dari tradisi kirim parsel lebaran, tapi Anda bisa mengakalinya dengan beberapa cara di atas. Meski cukup tenaga ekstra untuk merekap dan mendata, tapi Anda bisa mendapatkan manfaat yakni berhemat. Setelah lebaran Anda masih bisa menikmati Tunjangan Hari Raya yang tersisa.
Categories: ,

0 komentar:

Posting Komentar