Jumat, 15 Maret 2019

6 Spare Part Motor yang Sering Rusak dan Butuh Perhatian Khusus

Posted by Reyhan on 06.39 with No comments
Pasti akan sangat menjengkelkan bukan jika Anda sedang asyik berkendara namun tiba-tiba motor Anda berhenti di tengah jalan. Atau bahkan motor jadi terasa aneh dan kurang nyaman untuk dikendarai. Ternyata masalah seperti ini kerap terjadi jika ada kerusakan pada bagian spare part motor. Nah berikut beberapa bagian spare part yang sering mengalami kerusakan. 

1. Busi

Spare Part

Busi merupakan salah satu spare part sepeda motor yang paling sering mengalami masalah. Meski berukuran kecil, namun ternyata si mungil ini memiliki peranan yang cukup besar pada kendaraan Anda. Tak hanya karena faktor usia. Besi yang rusak dapat juga disebabkan karena terkena cairan yang masuk ke dalam rongga besi atau oli mesin yang naik ke area pembakaran. 

2. Kampas Rem

Spare Part

Pada umumnya spare part motor yang satu ini cenderung memiliki umur yang lebih singkat. Hal ini dapat disebabkan karena beberapa faktor. Untuk mengatasi masalah yang satu ini, pastikan Anda menggunakan kampas rem yang bermutu atau orisinil. Tak hanya itu saja, Anda juga perlu untuk selalu cek setelan rem. Pastikan tidak terlalu kencang dan tidak terlalu kendor. 

3. Laher atau Bearing Roda

Spare Part

Salah satu penyebab utama yang menyebabkan laher atau bearing roda ini adalah ketika Anda tak sengaja melewati jalanan berlubang. Hal ini yang menjadi faktor utama yang menyebabkan bagian laher menjadi rusak. Solusinya hanya ada satu. Pastikan Anda menggunakan produk yang sudah teruji kualitasnya. Jangan mudah tergiur dengan harga murah . 

4. Komstir

Spare Part

Jika Anda sering mengendarai kendaraan Anda di jalanan berlubang, tak hanya laher roda saja yang rentan mengalami kerusakan. Namun juga bagian komstir. Untuk itu pastikan Anda berhati-hati saat melewati jalan berlubang. Terlebih lagi komstir ini memiliki harga yang cukup menguras kantong untuk mendapatkan produk orisinil buatan pabrik. 

5. Aki

Spare Part

Pada umumnya komponen kendaraan yang satu ini cenderung akan cepat aus ketika motor Anda kelebihan tenaga listrik. Aki keluaran sekarang ini cenderung memiliki umur yang lebih singkat dibandingkan dengan aki keluaran zaman dulu. Lantas bagaimana cara yang tepat untuk mengatasi agar aki tak cepat aus ? 

Salah satu trik yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengurangi beban kelistrikan pada kendaraan Anda agar aki tidak mudah tekor. Namun bagi Anda yang memiliki dana lebih, Anda bisa mengubah sistem kelistrikan kendaraan motor Anda menjadi sistem fullware agar pengisian ke komponen aki menjadi lebih maksimal dan tak mudah tekor. 

6. Seal Karet

Spare Part

Spare part sepeda motor ini terletak di mana-mana. Namun yang paling umum mengalami kerusakan yaitu seal karet yang terletak pada bagian shockbreaker, pompa oli, dan kruk. Pada umumnya seal shockbreaker mengalami kerusakan karena menghajar lubang dalam. Namun untuk seal yang terletak di dalam mesin rusak disebabkan oleh suhu mesin yang panas. 

Ada cara khusus yang bisa Anda lakukan agar bagian seal kendaraan tidak cepat rusak yaitu dengan menggunakan spare part yang bermutu. Jangan pernah ragu untuk membayar lebih demi seal karet yang lebih terjamin. Selain itu, pastikan Anda untuk selalu berkendara dengan tenang agar terhindar dari lubang ganas yang hanya akan menyebabkan kerusakan pada seal

Nah itulah beberapa jenis spare part sepeda motor yang kerap mengalami kerusakan dan butuh perhatian khusus. Sebenarnya ada banyak sekali bagian spare part motor yang juga sering mengalami kerusakan, namun intensitasnya tak sesering jenis spare part di atas. Untuk itu pastikan Anda selalu menggunakan spare part orisinil dari Yamaha.  
Categories:

0 komentar:

Posting Komentar