Sabtu, 02 Februari 2019

Kopi yang Cocok Jadi Teman Keseharian Anda

Posted by Reyhan on 09.51 with No comments
Hidup terasa belum lengkap tanpa ditemani kopi. Kalau Anda kebetulan berkunjung ke suatu daerah, jangan lupa bawa pulang varian kopi setempat untuk oleh-oleh khas Indonesia. Setiap daerah pasti memiliki kopi yang khas. Tapi kalau Anda tidak suka jalan-jalan, masih bisa kok menikmati kopi khas dengan cita rasa mantap. Sebagai pecinta kopi, kamu wajib tahu jenis kopi papan atas ini.

1. Kopi Liberika


Jenis kopi liberika yang ada di Indonesia tidak terlepas dari campur tangan Belanda. Tepatnya pada abat ke-19. Awalnya, kopi ini tumbuh di Afrika sebagai tanaman liar. Oleh karena itu, cita rasa yang dihasilkan jauh berbeda dengan kebanyakan kopi. Tidak bisa dideskripsikan dengan kata-kata. Sementara populasinya di Indonesia bisa dijumpai di sekitar Jambi.

2. Kopi Arabika


Nyaris 70% perniagaan kopi di seluruh dunia didominasi oleh kopi arabika. Kenapa banyak orang bisa segila itu? Kemungkinan besarnya karena tumbuhan kopi ini sulit sekali dibudidaya. Alias rentan terhadap penyakit. Selain itu, rendahnya kadar kafein membuat pecinta kopi terus memburu jenis kopi ini berapa pun harganya.

3. Kopi Robusta


Jenis kopi papan atas lainnya bernama kopi robusta. Berdasarkan penjualannya, kopi ini menempati peringkat kedua setelah kopi arabika. Tahu tidak ? Rupanya Indonesia termasuk pengekspor kopi robusta terbesar dibandingkan negara-negara lain di dunia. Wah! Kesempatan besar. Anda tak perlu lagi capai-capai ke luar negeri demi menikmati kopi ini.

4. Kopi Toraja


Daerah yang jadi bagian dari Sulawesi Selatan ini memang punya banyak kekhasan. Mulai dari rumah, upacara adat, sampai urusan kopi. Hebatnya, kopi ini bahkan sudah sering diekspor ke luar negeri, seperti Jepang. Di Jepang sana, kopi Toraja justru tampil sebagai kopi yang mewah. Tapi untungnya harga di Indonesia sangat terjangkau.

Manfaat minum kopi yang paling umum itu bisa mencegah depresi dan bisa meningkatkan kemampuan otak. Seseorang yang minum kopi juga siap-siap saja tenaganya akan terstimulasi, sehingga tidak akan mudah capai. Kalau Anda perokok aktif, tentu saja sangat cocok kalau agenda ngopi dijadwalkan sehari-hari. Soalnya kopi bisa membantu menetralkan kadar nikotin berbahaya yang ada pada tembakau.
Categories: , ,

0 komentar:

Posting Komentar